Demo Site

Senin, 24 Juni 2013

Web & Perilaku Pengguna, Web & Perilaku Sosial, dan Ekonomi Web

Dalam Tulisan kali ini saya ditugaskan kembali untuk membuat tugas Softskill yang diberikan 1 bulan sekali. Kami ditugaskan untuk membuat 3 Bab yang Membahas Tentang Web & Perilaku Pengguna, Web & Perilaku Sosial, dan Ekonomi Web. Nah dalam postingan kali ini kami ingin membahas dahulu tentang Web Dan Perilaku Pengguna dari Sisi Navigasi dan Pencarian.

Web & Perilaku Pengguna

Disini saya mengambil 2 contoh Web Penjualan Jersey Bola yang berada di luar Negri, dari yang jadul sampai sekarang . kenapa kami mengambil contoh Web Jersey bola dari luar ? karna menurut kami di web tersebut lengkap dengan jersey jerseynya dan menarik, maka kami mencoba untuk membandingkannya..

Berikut kami akan tunjukkan tampilan dari kedua web tersebut:


Classic Footbal dari Inggris


Vintage Football Shirts

Oke kedua gambar diatas adalah tampilan pada saat kita akan memilih jersey yang ingin kita pilih.

Coba sobat lihat Di menu sebelah kiri ada beberapa nama club dari liga inggris, dan di situ terdapat banyak pilihan bahkan bukan dari liga inggris saja, kita dapat memilih atau mau melihat jersey dari club mana saja..

Melihat jersey sudah, lalu cara memesannya dari kedua web tersebut gimana ya ?
Kemudian pada kedua web tersebut ada form login untuk dapat masuk ke web tersebut dan memesan jersey yang diinginkan lihat gambar dibawah :

Contoh nya pada web http://www.classicfootballshirts.co.uk/ seperti ini :



Sementara form login yang ini berasal dari web :

http://www.vintagefootballshirts.com/index.php?pg1-cid1.html :

Dari yang saya coba coba di web tersebut, Pada web Pertama (Web Warna hijau) Di web tersebut Sobat bisa memesan terlebih dahulu, letakkan di cart, login, baru membayar, lalu cara pembayarannya melewati Paypal.

Namun pada website ke-2 (Web warna Coklat) caranya agak sedikit ribet, sobat harus login terlebih dahulu baru bisa memesan jersey yang diinginkan dan diletakkan di Cart.

Nah jadi bagaimana ? sobat ingin memesan jersey lewat website yang mana ? *Cuma sobat yang bisa jawab sendiri.. jadi menurut pembahasan kali ini bisa disimpulkan bahwa Perilaku Navigasi dan Pencarian Web di ke-2 Web tersebut sudah kelihatan kan ? sobat bisa memilih dari kedua web tersebut yang dikembangkan dan lebih mudah untuk kita menggunakannya, (maksudnya yang Enak Dipandang dengan mata, rapih, simple menggunakannya, dll) pokoknya yang leih memudahkan kita untuk menggunakannya.

Memang tak bisa dipungkiri zaman sekarang jika semakin mudah kita menggunakan web, membeli pembelian online, loading web tersebut cepat/tak terlalu lama, dll, maka Perilaku Pengguna juga akan semakin ingin berlama lama di web tersebut ?
http://faris6593.blogspot.com/2013/06/web-dan-perilaku-pengguna-dari-sisi.html#ixzz2X7TKVGqw

Web & Perilaku Sosial

Web merefleksikan perilaku sosial

web pun dapat merefleksikan perilaki sosial masyarakatnya, dengan adanya alat pengukur banyaknya orang/ IP address yang mengakses web tersebut dapat menunjukkan bahwa web tersebut menarik perhatian masyarakat dan pastinya akan mempengaruhi sikap sosial seaeoramg contohnya seseorang yang sering mengakaksea situs belanja online akan mempunyai gaya hidup yang boros karena tergiur oleh harga yang lebih murah daripada conter ataupun diskon-diskon yang ada.

Web mempengaruhi perilaku sosial

web sebagai salah satu bentuk teknologi dan informasi yang sangat populer di masyarakat menjadi salah satu pemicu yang mempengaruhi perilaku sosial masyarakat. ada dua dampak yang dimbulkan yaitu dampak positif dan dampak negatif,

Dampak Postifnya adalah :
  1. Lebih cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan dalam hal ini berarti membantu pekerjaan manusia
  2. Dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu sehingga membuat manusia saling berinteraksi dengan mudah
  3. Mudah mencari informasi serta berbelanja online pun dapat dilakukan
Dampak Negatifnya adalah :

  1. Munculnya banyak penipu yang memanfaatkan internet
  2. Adanya plagiatisme
  3. Munculnya pencurian/hack
  4. Munculnya banyak konyen-konten dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil dapat merusak mental
  5. Bahaya kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri

Ekonomi Web

IKLAN

Iklan adalah suatu pesan yang menawarkan barang atau jasa suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat melalui media (Rhenald Kasali, 1992). Atau promosi benda, jasa, tempat, atau ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor.

Dampak Iklan Bagi Ekonomi & Masyarakat
  • Iklan memperluas alternatif bagi konsumen. Dengan adanya iklan, konsumen dapat memilih berbagai macam produk yang ada.
  • Iklan membantu produsen menimbulkan kepercayaan pada konsumennya.
  • Iklan dapat membuat orang kenal, ingat dan percaya.
  • Iklan membuat orang tahu akan kebutuhannya dan dimana ia dapat memperoleh kebutuhan tersebut.
  • Iklan secara tidak langsung telah ikut memajukan perekonomian Negara.
menurut data AC Nielsen : belanja iklan 2001 Rp 9,717 triliun à 2002 Rp 12 triliun (ada kenaikan 200 % dari belanja iklan 1997).
Tahun 1997 ada 179 merek yang diiklankan di media utama nasional à Tahun 2000 ada 237 merek (Cakram, Juni 2000). Artinya kalangan industri masih memberikan kepercayaan melakukan promosi produk melalui iklan.

Pengaruh Iklan Bagi Web
  • Web tersebut oleh konsumen atau visitor.
  • Adanya timbal balik dari iklan ke web. Bila iklan di klik oleh visitor, web tersebut mendapat persenan dari iklan.

Penjualan Online

Penjualan online adalah suatu transaksi untuk menjual barang melalui jaringan komputer atau internet. Sistem Penjualan Online ini merupakan sistem yang dapat digunakan untuk menangani proses penjualan produk tunai. Sistem ini memiliki keunggulan utama yaitu kecepatan akses dan sistem yang dapat diakses dari manapun karena berbasis web. Fasilitas yang disediakan didalam sistem ini antara lain penanganan master untuk pelanggan dan produk, penanganan transaksi untuk penjualan, pembuatan faktur dan kuitansi, serta penyajian laporan penjualan berdasarkan beberapa kriteria.

Dampak Penjualan Online bagi Ekonomi
  • Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
  • Terjadinya industrialisasi
  • Produktifitas dunia industri semakin meningkat kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi.konsumen tidak perlu pergi ke toko.

Anggota Kelompok :
  • Olanda Eka Putra                  55411460
  • Rizky Fauzi Ruslan                56411376
  • Syarief Hidayat                     59411297
  • Syarofi Azamy                      58411266
  • Yosi Septian                         57411584

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar

Indonesia Flag Orb